Biaya Nikah: 12 Cara Unik Untuk Menghematnya !

Nah di tahap ini, sering kali menjadi tahap yang paling meriah namun juga cukup menguras pikiran terutama saat perayaan upacara pemberkatan perkawinan dan pesta pernikahan itu sendiri. Selain waktu dan tenaga yang harus terkuras habis untuk merencanakan dan melaksanakan rencana tersebut, Anda juga harus merelakan dana yang sudah dikumpulkan sejak awal bekerja untuk merealisasikan pernikahan impian bersama pasangan Anda. Padahal Anda tahu betul bahwa kehidupan sebenarnya baru dimulai ketika peran Anda dan pasangan sebagai raja dan ratu sehari dalam pesta pernikahan berakhir.

Memiliki rumah sendiri, memiliki anak, menyekolahkan anak, mendidik anak setiap hari, fokus pada pekerjaan, dan meraih promosi untuk mendapatkan pendapatan yang digunakan untuk kebutuhan keluarga. Semuanya terjadi setelah pesta berakhir. Artinya, pesta pernikahan ini bukanlah fokus utama dari mimpi yang ingin Anda dan pasangan Anda bangun. Maka (sebenarnya) tidak perlu membuang terlalu banyak dana untuk mewujudkan pesta pernikahan.

Untuk membantu Anda dalam meminimalis biaya pernikahan yang tidak sedikit atau bahkan mahal, cara ini bisa dilakukan untuk memangkas biaya pernikahan Anda :

1. Anggap Saja Sebuah Pesta

Anggap saja sebuah pesta

Wedding Party

Anda mungkin berpikir apa yang dimaksud dengan kata ‘pesta’ di sini saat sedang merencakan membuat sebuah acara pesta pernikahan. Pesta perayaan pernikahan pada umumnya dianggap sebagai sebuah acara resmi yang merayakan sahnya status baru bagi pasangan pengantin baru sebagai suami dan istri. Pesta pernikahan identik dengan sentuhan bunga, pakaian mewah dan formal, serta centerpieces. Semua ‘identitas’ itu akan mengarahkan Anda untuk ‘harus’ menyediakannya ketika ingin mengadakan pesta pernikahan. Di mana keluarga dan rekan Anda akan datang dan memberikan ucapan selamat.

Hal yang perlu disadari, pesta pernikahan tidak ada hukumnya untuk diadakan secara resmi dan mengundang semua kenalan Anda. Anggap ini benar-benar sebagai sebuah pesta di mana tamu undangan akan hadir dan melakukan dua kegiatan yang penting memberikan selamat kepada Anda dan menikmati hidangan. Momen selanjutnya yang bisa diadakan adalah berkumpul dengan mereka, bercerita mengenai nostalgia masa lalu, dan melakukan hal lainnya.

2. Garden Party

pesta kebun

Wedding Garden Party

Terkesan biasa untuk mengadakan pesta pernikahan indoor di sebuah gedung yang harga sewanya cukup membuat kering kantong Anda? Kalau begitu, gunakan alternatif lain seperti halaman atau taman yang cukup menampung tamu undangan Anda, bisa jadi milik Anda, keluarga Anda, atau rekan Anda. Pemilihan tempat yang disesuaikan dengan jumlah tamu undangan akan memberikan penghematan yang cukup signifikan dibandingkan dengan menyewa gedung luar. Selain tidak harus membayar uang gedung, pelaksanaan di outdoor belum sering dilakukan dan ini akan memberikan kesan unik sehingga tamu undangan pun tidak akan cepat melupakan momen bahagia yang Anda dan pasangan Anda bagikan.

3. Hilangkan Acara Tradisi

Hilangkan Tradisi

Tradisi Pernikahan Jawa

Alternatif satu ini merupakan hanya sebatas saran. Kita akui bersama bahwa urutan tradisi pernikahan yang khas dari daerah kita masing-masing tidak hanya perkara pengesahan secara agama dan catatan sipil namun juga harus menjunjung budaya dari asal kita masing-masing. Tidak jarang diantaranya sangat memakan waktu, tempat, biaya, bahkan sebelum upacara pemberkatan perkawinan itu sendiri dilaksanakan. Persiapan pra nikah yang “harus” dilakukan oleh pasangan pengantin ini sebenarnya bagian dari tradisi.

Bila Anda mengakui bahwa Anda dan pasangan tidak terlalu mendetailkan pentingnya menjunjung budaya dalam prosesi pernikahan, tidak ada salahnya mencoret beberapa tahapan yang dirasa kurang perlu dan memakan cukup biaya dalam pernikahan Anda.

4. Pangkas Pengeluaran Dengan Cara Kreatif

Gunakan Photo Booth

Photo Booth Wedding

Canangkan bahwa pesta ini merupakan perayaan yang hanya berlangsung dalam satu hari. Anda tidak perlu mengeluarkan begitu banyak biaya hanya untuk kenangan satu hari yang mungkin juga akan terlupa oleh para tamu undangan. Yang penting bukan seberapa megahnya pesta yang Anda buat, namun seberapa mengenanya kesan pesta pernikahan itu di mata tamu undangan. Anda tidak perlu membuat tamu undangan terkesan dengan mahalnya pernikahan Anda, cukup buat kesan yang hangat terhadap mereka. Daripada menggunakan jasa fotografer, lebih baik sediakan space untuk photo booth yang sifatnya lebih personal dan hangat. Daripada menyediakan sepiring makan malam untuk setiap tamu undangan, lebih baik gunakan metode finger-food hors d’oeuvres yang akan menambah rasa kekeluargaan antara Anda dengan dan tamu undangan.

5. Self Service

Self Service

Self Service

Berpikirlah secara kreatif untuk menemukan penghematan-penghematan lainnya yang datangnya dari momen kecil yang tidak terduga. Misalnya Anda biasanya lebih tertarik pada pesta yang menggunakan jasa pelayan untuk melayani Anda dan setiap tamu undangan. Kali ini berpikirlah secara berbeda bahwa setiap tamu undangan memiliki potensi untuk melayani dirinya sendiri. Tanpa bermaksud merendahkan setiap tamu undangan yang hadir, pesta dengan mode self-service ini justru akan merekatkan hubungan antar tamu undangan.

6. Menggunakan Cincin Daur Ulang

Cincin Daur Ulang

Gunakan Cincin Daur Ulang

Cincin pernikahan mungkin termasuk dalam daftar barang yang harus baru. Definisi baru pun tidak seutuhnya mengenai barang ciptaan baru. Anda bisa melakukan penghematan dari pemilihan cincin pernikahan ini. Mintalah bantuan dari rekan dan keluarga dekat untuk menyumbangkan emas lama atau perhiasan yang sudah tidak terpakai. Lantas Anda bisa sulap menjadi cincin pernikahan yang baru tentunya dengan bantuan tukang pembuat emas, ya!

7. Gunakan Teknologi Digital

Undangan Nikah Online

Gunakan Undangan Online

Zaman canggih seperti saat ini terwujud dari pemikiran orang-orang yang ingin menyederhanakan kebutuhan tiap manusia. Gunakan fasilitas ini untuk membuat undangan dan menyebarkannya kepada tamu undangan. Desain undangan pun bisa Anda buat secara online atau menggunakan software seperti CorelDraw. Internet ada untuk membantu Anda membuat desain. Cari gambar-gambar terbaru di internet yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk membuat undangan. Dalam pesta pernikahannya pun, Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk memberi kesan meriah dengan diputarnya lagu-lagu dari iPod atau laptop Anda. Tidak perlu menggunakan jasa band pengisi pesta pernikahan yang tentunya akan menguras dana Anda.

8. Menu Hidangan

Menu Hidangan

Menu Hidangan

Untuk urusan makan, Anda tidak perlu membuang-buang dana untuk sesuatu yang pasti tidak akan dimakan seperti fondant misalnya. Pilihlah jenis makanan yang secara general disukai oleh semua orang baik itu Anda dan pasangan Anda maupun para tamu undangan yang hadir. Buat semuanya dalam bentuk kecil dan siap makan. Anda juga bisa menggunakan alternatif untuk membeli beberapa jenis makanan yang bisa dikombinasikan sendiri sesuai dengan keinginan tamu undangan.

9. Buang Pengeluaran Yang Tidak Perlu

Buang Biaya Yang Tidak Perlu

Buang Biaya Yang Tidak Perlu

Ketika Anda datang sebagai tamu undangan, Anda mungkin tidak akan begitu memperhatikan kue tart besar yang ada di sebuah meja atau sebuah es yang diukir menjadi inisial nama pasangan. Bahkan bisa jadi keberadaan dua jenis barang yang entah fungsi utamanya apa ini menjadi mengganggu perbincangan antar tamu undangan. Persiapkan saja makanan yang akan pasti dimakan dan dekorasikan dengan beberapa sentuhan sesuai dengan tema pernikahan Anda.

10. Gunakan Bunga Kertas

Gunakan Bunga Kertas

Gunakan Bunga Kertas

Bunga asli memang memberikan kesan anggun dan segar kepada dekorasi ruang pesta pernikahan Anda. Namun bunga ini tidak bisa digunakan berkali-kali sehingga akan sayang bila terbuang ketika keadaannya masih cukup segar. Untuk mengatasi hal itu, gunakan alternatif lain seperti bunga kertas atau bunga plastik untuk memberikan sentuhan kecantikan yang sama dengan bunga asli.

11. Menggunakan Jasa Rekan

Menggunakan jasa rekan

Menggunakan Jasa Rekan

Menyewa fotografer pernikahan mungkin akan memakan biaya yang cukup banyak dalam mendokumentasikan pernikahan Anda. Mengapa tidak memanfaatkan rekan yang memiliki kamera serta hobi dalam fotografi? Selain Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan dana atau mungkin bisa tidak sama sekali. Anda akan mendapatkan hasil dan manfaat yang sama yaitu dokumentasi pernikahan oleh teman-teman yang secara rela menyalurkan hobinya yang juga mendokumentasikan pernikahan.

12. Souvenir

Souvenir

Souvenir Pernikahan

Untuk memberikan kesan tak terlupakan, biasanya dalam pesta pernikahan setiap tamu undangan yang hadir akan diberi souvenir. Di sini Anda harus bisa bermain akal untuk memberi barang apa untuk mereka. Yang jelas, Anda harus memberikan sesuatu yang berarti dan mengena tanpa mengorbankan dana yang terlalu banyak, misalnya dengan memberikan ucapan terima kasih yang disertai dengan paket bibit tanaman atau resep makanan.

Anggarkan Semua Dana Yang Dibutuhkan

Intinya, pesta pernikahan tidak harus yang terlalu mahal dan mengeluarkan banyak uang. Gunakan kreativitas Anda untuk mendapatkan pesta pernikahan yang berkesan dengan biaya yang minim. Anggarkan semua dana yang dibutuhkan dengan baik dan bijaklah dalam menggunakannya, untuk menganntisipasi agar Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya di luar anggaran yang telah dibuat.

Dikutip dari :

  • Nita Sitorus
  • 28 September 2015
  • www.cermati.com
Facebook